Halaman

Senin, 01 Oktober 2012

Memfasilitasi Masyarakat Kabupaten Kubu Raya, Membangun Desa Melalui Pendekatan Kawasan

Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat (Dirjen PMD) dan Desa-Kementerian Dalam Negeri bersama Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan Institut Pertanian Bogor (PSP3 IPB) bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kubu Raya, pada 17-20  September 2012 memfasilitasi masyarakat di enam desa Kecamatan Rasau Jaya menyusun rencana Pembangunan Kawasan Perdesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM).  Sebagaimana disampaikan oleh Dr. Ir Lala M. Kolopaking, MS (Kepala PSP3 IPB),  kegiatan ini diselenggarakan dalam kerangka gagasan percepatan upaya masyarakat membangun desa dengan landasan Permendagri  No. 51 Tahun 2007 tentang PKPBM.
Kegiatan dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa atas nama Bupati Kabupaten Kubu Raya pada 17 September 2012.  Kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan partisipatif selama dua hari  yang diikuti oleh 40 orang yang terdiri dari kepala-kepala dan sekertaris-sekertaris desa, pengurus BPD, pengurus PKK, kader-kader pemberdayaan desa dari Desa Rasau Jaya Satu, Desa Rasau Jaya Dua, Desa Rasau Jaya Tiga, Desa Rasau Jaya Umum, Desa Pematang Tujuh, dan Desa Bintang Mas di Kecamatan Rasau Jaya.  Tujuan pelatihan ini untuk memfasilitasi peserta agar mau dan mampu membangun kawasan perdesaan produktif berbasis masyarakat.  Ada tiga hal yang digagas dalam hal ini, yaitu : (1) menemukan bentuk penguatan kapasitas masyarakat untuk membangun kawasan perdesaan secara partisipatif, (2) melakukan dialog partisipatif tentang tata ruang desa, dan (3) menemukan bentuk upaya kerjasama terpadu antar desa. 
Pada 19 september 2012, masyarakat enam desa tersebut menyampaikan usulan pengembangan kawasan Agrowisata Organik Pastoral di Kecamatan Kubu Raya dihadapan SKPD terkait di Kabupaten Kubu Raya.  Diharapkan melalui acara dialog ini usulan masyarakat dari enam desa yang mengusungkan gagasan tersebut disokong oleh SKPD-SKPD terkait.  Kegiatan ini difasilitasi oleh Dr.Ir Ninuk Purwaningsih, Msi dari PSP3 IPB.
Kemudian, Tim Fasilitator dari Dirjen PMD Kementerian Dalam Negeri yang dalam hal ini dipimpin oleh Ir. Prawitaningrum, M.Si dan Tim PSP3 IPB berkunjung ke beberapa desa lokasi yang ikut dalam kegiatan ini pada tanggal 20 September 2012.

http://psp3.ipb.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar