Halaman

Kamis, 13 September 2012

Kegiatan Pengembangan Kawasan Perdesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM) Tahun Ke-2 di Kabupaten Malang

usat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Ditjen PMD) Kementerian Dalam Negeri RI menyelenggarakan kegiatan Pelatihan (FGD) Pengembangan Kawasan Pedesaan Berbasis Masyarakat (PKPBM) tahap II di Kabupaten Malang, pada tanggal 19 – 22 Juni 2012 di Hotel Pelangi –Malang.  Kegiatan  ini merupakan kelanjutan dari pelatihan tahap I (tahun 2011) yang fokus pada kegiatan memfasilitasi keberdayaan masyarakat berbasis optimalisasi potensi wilayah dalam proses pembangunan kawasan. Tim Fasilitator terdiri dari : Dr. Lala M. Kolopaking; Ir. Yoyoh Indaryanti, MSi; M. Syafar Supardjan, SE; Umi Farida, SPt, MSi; Ariska D, MM; Agus Budiarto; memfasilitasi 40 orang peserta yang terdiri dari unsur aparatur desa dan tokoh masyarakat di Kecamatan Dau dan Pujon – Malang. Proses fasilitasi dilakukan melalui metode PRA dan PLA yang menghasilkan pembentukan kawasan berdasarkan kesepakatan di tingkat peserta , yaitu : Kecamatan Dau ditetapkan sebagai Kawasan Agroekowisata Berbasis Susu Sapi Perah Dan Jeruk, sedangkan Kecamatan Pujon ditetapkan sebagai Kawasan Agroekowisata Berbasis Susu Sapi Perah Dan Apel. Dari penetapan kedua kawasan tersebut, peserta merumuskan Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) yang disinergiskan dengan Program Pembangunan Daerah (Propeda) sebagai imlementasi pembangunan kawasan.
Dalam rangkaian acara PKPBM dilakukan Rapat Evaluasi RKTL bersama SKPD Kabupaten Malang.  Rapat diawali dengan pemaparan Dr. Ir. Lala M. Kolopaking, MS (Kepala PSP3) tentang ide dasar, kebijakan, dan proses pelaksanaan PKPBM sebagai pengantar diskusi.  Sebagai upaya mensinergiskan dengan program sektor terkait, antar sektor, dan lintas sektor, Rapat Evaluasi RKTL dilanjutkan dengan pemaparan hasil RKTL oleh peserta pelatihan (FGD) dari dua kawasan, yang difasilitasi oleh Ir. Yoyoh Indaryanti, M.Si.  Diskusi berlangsung sangat positif dan kondusif, dimana beberapa SKPD memberikan respon positif terhadap RKTL tersebut antara lain: Dinas Koperasi & KUKM, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar, Dinas Pekerjaan Umum, dan sebagainya.
Output dari pelatihan PKPBM di Kabupaten Malang telah terbentuk Tim Pengelola Kegiatan (TPK) yang terdiri dari perwakilan dari masing-masing kawasan. Tugas TPK yaitu melaksanakan kegiatan yang telah dirumuskan bersama dalam memperlancar proses implementasi RKTL, yaitu : Pelatihan Manajemen Usaha Produktif, Studi Banding, Audiensi kepada Pemangku Kepentingan di Kab. Malang, Sosialisasi PKPBM di tingkat Internal dan Eksternal Kawasan, Pembuatan Peta Kawasan, serta Konsolidasi dan Koordinasi antar Pengurus dan Anggota TPK. Untuk memperlancar kegiatan-kegiatan tersebut, pengurus TPK diberikan dana Bantuan Langsung PKPBM (BL-PKPBM) untuk menstimulasi proses pencapaian implementasi RKTL di tingkat kawasan. Dana BL-PKPBM yang diberikan jumlahnya sebersar Rp. 75.000.000,- yang dikelola secara mandiri oleh pengurus dan anggota TPK Kab. Malang. Berikut struktur Kepengurusan TPK Kab. Malang tahun 2012 :
Ketua                   :    Hisrul Majdi (Pujon)
Sekretaris             :    Hamam Royani (Pujon)
Bendahara           :    Abdul Khanan (Dau)
Koordinator Bidang :
  1. Pembuatan peta desa dalam kaawasan          :    Sugisto (Pujon)
  2. Penguatan Kapasitas                                      :    Harianto (Dau)
  3. Sosialisasi Dan Kerjasama                             :    H.Suyono (Dau)
  4. Advokasi Kebijakan                                      :    Siamat (Dau)
  5. Operasionalisasi                                             :    Anis Hidayati (Pujon)

http://psp3.ipb.ac.id 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar